Content: / /

Sayur Bung Nanap Mulai Dikenalkan Sebagai Kuliner Khas Gunung Wayang

Kuliner

16 Juni 2019
Sayur Bung Nanap Mulai Dikenalkan Sebagai Kuliner Khas Gunung Wayang

Sayur Bung Nanap dikenalkan sebagai kuliner khas gunung Wayang Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Wisata gunung Wayang di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro semakin viral dan banyak dikunjungi saat lebaran. Kini, para pemuda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) juga mulai mengenalkan kuliner khas Sumberwuluh.

Sayur Bung Nanap, mulai dikenalkan sebagai salah satu kuliner khas untuk menunjang wisata gunung Wayang. Sayur Bung Nanap adalah sayur yang dibuat dari rebung (anak bambu) yang bernama Nanap yang berbentuk kecil sebesar ibu jari kaki orang dewasa.

"Kita mulai kenalkan kuliner khas Sayur Bung Nanap mas, untuk menunjang wisata gunung Wayang," jelas Abdul Azis S.STP Pj Kepala Desa Sumberwuluh, Minggu (16/06/2019).

Bambu Nanap memang banyak tumbuh di sekitar gunung Wayang dan Desa Sumberwuluh. Potensi itu yang coba dimanfaatkan agar bisa menunjang gunung Wayang sebagai salah satu wisata andalan di Lumajang.

"Kita coba kelola sumberdaya ini, tapi secara perlahan-lahan kita siapkan Sayur Bung Nanap bisa dinikmati oleh pengunjung," tuturnya.

Pokdarwis juga melakukan edukasi tentang cara memanen Rebung Nanap agar tidak merusak bambu Nanap. Konserfasi juga akan tetap dijaga, karena keberadaan bambu di sekitaran gunung Wayang sangat penting. "Konserfasinya tetap kita jaga, jadi tidak semuanya kita bisa panen," pungkasnya.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi