Content: / /

Rawan Gelombang Tinggi, Masyarakat Dihimbau Hati-Hati saat Lebaran Ketupat di Pantai

Wisata

12 Juni 2019
Rawan Gelombang Tinggi, Masyarakat Dihimbau Hati-Hati saat Lebaran Ketupat di Pantai

Personil BPBD berjaga di pantai.

Lumajang (lumajangsatu.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menghimbau kepada masyarakat agar hati-hati saat merayakan Lebaran Ketupat di pantai. Karena akhir-akhir ini di pantai selatan rawan terjadi gelombang tinggi.

"Saat ini masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan. Ombak tinggi dan angin kencang bisa terjadi," kata Wawan Hadi Siswoyo, Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang.

Ia menyebut, untuk pantai selatan ombak rata-rata di sana, tingginya sekitar 2,5 meter sampaii 3 meter. “Untuk itu pengunjung wajib berhati-hati,” jelasnya.

Wawan juga meminta pengunjung atau wisatawan juga mematuhi aturan dari pihak pengelola wisata. Seperti tidak mandi di luar batas yang telah ditetapkan.

"Boleh mandi di pantai, tapi tidak boleh melewati batas yang telah dipasang," ungkapnya.

Diprediksi Lebaran Ketupat atau Hari Raya Idul Fitri +7, jumlah pengunjung pantai akan membludak. BPBD memprediksi ada 4 pantai yang akan banyak dikunjungi.

"Yakni Pantai Wotgalih, Pantai Dampar, Pantai Watu Pecak, dan Pantai Bambang," jelasnya.

Pihaknya juga telah mengerahkan personil untuk melakukan antisipasi di 4 pantai itu. Selain dari BPBD, juga ada personil dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, kecamatan, kepolisian, TNI, maupun relawan.

"Kita prediksi jumlah pengunjung akan membludak dalam 2 hari, pada 12 dan 13 Juni 2019," pungkasnya. (nr/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi