Content: / /

Nendangnya Sambal Balacan dan Ijo Rumah Bubur Lumajang

Gaya Hidup

10 Oktober 2018
Nendangnya Sambal Balacan dan Ijo Rumah Bubur Lumajang

Nendangnya Sambal Balacan dan Ijo Rumah Bubur Lumajang. (Foto by Indana)

Lumajang (Lumajangsatu.com) - Rumah Bubur di Jalan Abu Bakar, Citrodiwangsan, Kecamatan. Lumajang, Kabupaten Lumajang,  terkenal menyajikan santapan lauk dengan menawarkan sambal khas, yakni pilihan sambal belacan atau sambal ijo dengan taburan ikan teri.

Sambal belacan memiliki khas rasa udang yang pekat di lidah berbaur dengan rasa asin ikan teri yang dihaluskan. Belacan yang menebar bau atau aroma yang khas, sedikit menyengat di hidung. Tapi ketika dicampurkan ke lalapan, aroma nyengat tersebut akan hilang.

BACA JUGA : Sego Sambel Mbak Ida Lumajang Bikin Manja Lidah

Oleh sebab itu, setiap sajian menu pasti disajikan dengan lalapan berupa daun ubi rebus dan timun. Ada juga pilihan sambal ijo dengan taburan ikan teri yang memberikan rasa asin garam bercampur asin gurihnya ikan teri dan rasa pedas cabai hijau. Lidah dibuat ketagihan melahap sajian, karena menambah nafsu makan.

Sambal yang ini juga tidak berbau, sehingga bagi pengunjung yang tidak suka sambal belacan, sambal ijo teri menjadi pilihan yang tepat.

Pengunjung bisa mencicipi lezatnya sambal tersebut dengan aneka jenis lauk, seperti bebek goreng, ayam goreng dan burung ruak goreng.

Lauk tersebut disajikan saat panas, rasanya gurih dan krenyes saat dikunyah. Makin lengkap lezatnya saat dicocol sambal belacan atau sambal ijo taburan teri.

Rumah Bubur ini memiliki menu khusus yang sangat khas dan sudah terkenal yaitu menu Bebek Gorengnya. Salah satu pegawai, Fauziah (24) menuturkan proses memasaknya. Bebek yang sudah dipotong terlebih dahulu dibersihkan kemudian direbus atau diungkep dengan menggunakan bumbu rempah-rempah alami.

BACA JUGA : Rujak Cingur Mbok Suwarni Gang Wahab -Lumajang Masih Laris Manis

Kemudian apabila daging bebek yang direbus tersebut sudah masak atau empuk maka daging burung tersebut sudah bisa untuk digoreng. "Rumah bubur ini terkenal dengan rasa bebek yang gurih, lembut dan sambalnya yang buat ketagihan," katanya.

Aini (22) Warga Wonokerto, pengunjung, menuturkan kerap membawa saudaranya yang datang dari luar daerah untuk merasakan kelezatan sambal ijo taburan ikan teri dan sambal belacan. "Di sini yang khas itu sambalnya. Rasa bebeknya juga gurih dan lembut. Ada juga menu sambal tempe yang tidak kalah enak, " katanya. (ind/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi