Content: / /

Keren, Minak Koncar Jadi Nama Pendopo Balai Desa Kutorenon Lumajang

Keren, Minak Koncar Jadi Nama Pendopo Balai Desa Kutorenon Lumajang

Balai Minak Koncar Desa Kotrenon nampak megah saat malam hari

Lumajang (lumajangsatu.com) - Kantor Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono dibangun dengan konsep klasik elegan. Mengusung konsep sejarah kerajaan Lamajang, Pendopo Balai Desa diberi Nama Balai Minak Koncar sebagai julukan Arya Wiraraja.

Faisal Rizal, Kepala Desa Kutorenon menyatakan, setelah melakukan musyawarah nama Minak Koncar akhirnya dipilih. Awalnya, pendopo Desa rencananya akan diberi nama Pendopo Arya Wiraraja sebagai raja pertama kerajaan Lamajang Tigang Juru.

Dimana, bekas kerajaannya diyakini ada disitus Biting Desa Kutorenon. Namun, karena nama tersebut diambil sebagai nama Pendopo Lumajang, akhirnya nama Pendopo atau Balai Desa Kutorenon mengambil gelar Arya Wiraraja.

"Awalnya kita akan beri nama Balai Arya Wiraraja. Namun, diambil jadi nama Pendopo Lumajang akhirnya kita beri nama Minak Koncar," jelas Faisal Rizal, Jum'at (31/05/2019).

Nama Pendopo Minak Koncar juga sama dengan nama lapangan sepak bola Desa Kutorenon yakni Minak Koncar. Tak hanya itu, nama terminal bus Lumajang di Desa Wonorejo juga berama terminal Minak Koncar. "Biar sama dengan lapangan sepak bola Desa Kutorenon," tuturnya.

Dengan konsep bangunan yang berbeda dari kebanykan kantor Desa, diharapkan akan mampu mendukung majunya sektor wisata religi Situs Biting. Pihak Desa juga akan fokus dalam pengembangan wisata Situs Biting, sebagai bagian sejarah yang tak terpisahkan dari Kabupaten Lumajang.

"Pembangunan fisik sudah 80 persen, sekarang kita akan fokus dalam pengembangan sektor wisata religi Situs Biting," pungkasnya.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi