Content: / /

Hasil Riset ITB : Lumajang Berpotensi Tsunami 20 Meter,

Peristiwa

26 September 2020
Hasil Riset ITB  : Lumajang Berpotensi Tsunami 20 Meter,

Ilustrasi Tsunami by Indeksnews

Lumajang - Tim riset Institut Teknologi Bandung (ITB) memprediksi potensi tsunami hingga setinggi 20 meter akan terjadi di wilayah selatan Pulau Jawa, tentunya Lumajang menjadi salah satu wilayah yang ada didalamnya. Menanggapi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengatakan sudah menyiapkan langkah penanganan, Sabtu (26/09/2020).

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi mengungkapkan jika semua pantai selatan berisiko tsunami, menangani hal itu, BPBD saat ini telah meningkatkan kewaspadaan dengan menjalin komunikasi relawan dan masyarakat pesisir.

"Jadi gini kalau pantai selatan semua berisiko mulai Banyuwangi-Pangandaran, kami memastikan sudah membentuk desa tangguh bencana, jadi jika ada ombak besar langkah penanganannya kami sudah siap," Jelas Wawan saat dihubungi lumajangsatu.com.

Kabupaten Lumajang memiliki panjang pantai sepanjang 70 KM. Semua pantai berada di sisi selatan. Seluruh kawasan pantai telah dipasangi rambu penanda arah jalur evakusi.

"Kami berencana menggelar simulasi bencana tsunami bagi warga pesisir, Antisipasi semua kita lakukan sehingga andai kata terjadi kita bisa meminimalisir korban,"pungkasnya. (Oky/ls/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi