Content: / /

Senjata Ilegal Asal Lumajang Dijual ke Wilayah Konflik

Peristiwa

07 Desember 2019
 Senjata Ilegal Asal Lumajang Dijual ke Wilayah Konflik

Polda Jatim amankan puluhan senjata api ilegal disita dari pabrik 88 Lumajang

 

Lumajang - Senjata ilegal jenis airgun yang digrebek Polda Jatim dari pabrik 88 milik AH, di Kelurahan Ditotrunan Kabupaten Lumajang ternyata sudah terjual hingga ke 18 Provinsi. Bahkan, sebagian senjata terjual ke provinsi yang sering terjdi konfik, seperti Maluku, Papua, Sulawesi dan Provinsi lainnya.

Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si, Kapolda Jawa Timur yang meminpin langsung rilis TKP mengaku akan menelusuri senjata-senjata tersebut dijual pada siapa saja. Ada 250 senjata yang telah diproduksi oleh pelaku dan tersisa 40 senjata saja yang belum terjual.

"Sebagain senjata dijual ke daerah konflik," ujat Luki saat menggelar rilis, Sabtu (07/12/2019).

Dari 250 senjata yang diproduksi, 100 pucuk senapan berburu dan 150 pucuk senapan lomba. Pelaku sudah 4 tahun melakukan usaha jual beli dan produksi senjata ilegal dengan peralatan modern. "Produskinya sudah menggunakan peralatan modern," pungkasnya.

Pelaku terancam dugaan Pasal 106 UU nomor 7 tentang perdagangan ilegal dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Pelaku juga diancam dengan pasal 1 atau pasal 2 UU Darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman setinggi-tingginya 20 tahun penjara.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi